Langsung ke konten utama

Kesehatan masyarakat


Kesehatan masyarakat mempunyai kontribusi yang sangat penting dan sangat berperan dalam kehidupan manusia. Kontribusi ini diarrtikan sebagai sumbangan, tetapi sumbangan bukan berupa uang atau barang. Namun, sumbangan dalam bentuk tindakan kita dalam bentuk nyata kepada masyarakat tanpa meminta imbalan. Berikut saya akan menjelaskan kontribusi apa saja yang dapat di lakukan oleh tenaga kesehatan masyarakat.
1.    Kesehatan masyarakat itu tidak selalu berhubungan dengan penyakit-penyakit. Seperti yang dikatakan oleh Professor Winslow(Leavel and Clark, 1958) silmu kesehatan adalah ilmu dan seni mencegahpenyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrolinfeksidi masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untukdiagnosadini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya. Sesungguhnya Fakultas Kesehatan Masyarakat memiliki beberapa peminatan seperti K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Gizi Masyarakat, Administrasi Kesehatan Masyarakat, dan masih banyak lagi. Dengan menjadi mahasiswa kesehatan masyarakat, kita dapat belajar bagaimana sikap yang harus dilakukan bila menghadapi suatu masalah yang berhubungan dengan bidang yang kita ambil. Contohnya, bila kita mengambil peminatan gizi masyarakat, kita dapat ikut mencarikan solusi terkait adanya kasus gizi buruk di beberapa wilayah di Indonesia.
2.   Kita dapat ikut berkontribusi untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Dengan terciptanya masyarakat yang sehat, kita dapat membangun Indonesia menjadi negara maju. Kita bersatu padu dalam menciptakan kepribadian masyarakat yang cinta hidup sehat. Selain itu, dengan badan yang sehat kita pun dapat berpikir dengan jernih sehingga kita bisa menemukan semua solusi dari segala permasalahan yang ada di negara kita, Indonesia. Dengan negara yang maju dan terciptanya masyarakat yang sehat juga dapat menjadikan perasaan kita lebih tenang.
3.  Kita jadi mengetahui bahwa masih ada orang-orang yang kurang beruntung yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Tugas kita sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat adalah membantu dan menyediakan pelayanan kesehatan bagi orang-orang tersebut. Kita dapat menggelar posko gratis pemeriksaan kesehatan di daerah yang belum tersentuh oleh tangan Pemerintah dalam program pemerataan kesehatan di Indonesia. Selain itu, kita juga dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya hidup sehat. Kita dapat berkunjung ke pelosok-pelosok dan membantu sesama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesehatan jiwa

Kesehatan Jiwa/Kesehatan Mental terdiri dari beberapa jenis kondisi yang secara umum dikategorikan dalam 'kondisi sehat', 'gangguan kecemasan', 'stress', dan 'depresi'. Adapun pengertian Kesehatan Jiwa yang baik menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar

Macam macam alat kesehatan

1. Abocath (jarum infus) 2. Cairan infus 3. Spuit (suntikan) 4. Termometer 5. Tensi (tensimeter) 6. Stetoskop 7. Pinset (Jepitan) 8. Infus set / Transet ( selang infus) DLL. 

Alat kesehatan

alat kesehatan adalah instrumen, apparatus (peralatan), mesin, perkakas, dan/atau implant, reagen in vitro dan kalibrator, perangkat lunak, bahan atau material yang digunakan tunggal atau kombinasi, untuk mendiagnosis, mencegah, menyembuhkan,  dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh, menghalangi pembuahan, desinfeksi alat kesehatan, dan pengujian in vitro terhadap spesimen dari tubuh manusia, dan dapat mengandung obat yang tidak mencapai kerja utama pada tubuh manusia melalui proses farmakologi, imunologi atau metabolisme untuk dapat membantu fungsi/kinerja yang diinginkan.