Langsung ke konten utama

Kesehatan raga

Minum Banyak Air Putih
Banyak orang meremehkan pentingnya minum air putih. Padahal, minum air putih banyak manfaatnya. Minum air putih selain menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dapat juga menjauhkan kita dari berbagai penyakit berbahaya. Tak hanya itu, manfaat minum air putih lainnya antara lain meningkatkan energi, menjaga kesehatan kulit, dan juga membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Maka dari itu, sangat dianjurkan banyak-banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi untuk para pekerja kantoran, yang notabene hanya duduk di depan monitor selama 9 jam. Menurut riset, anjuran minum air putih yaitu 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari. Namun, hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Jika kegiatan fisiknya menguras banyak energi, minum air putih lebih dari 8 gelas juga tak masalah.
Olahraga
Olahraga itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika kita termasuk orang yang superduper sibuk, enggak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu olahraga. Untuk yang suka olahraga, atau minimal punya salah satu hobi di bidang olahraga entah itu renang, badminton, lari, dan lain sebagainya, usahakan luangkan waktu untuk berolahraga yang rutin, meskipun hanya sekali dalam seminggu. Untuk yang enggak suka olahraga kaya gitu, gimana? Tenang, enggak harus olahraga seperti renang, sepakbola, futsal, lari, badminton, dan lain sebagainya. Tips buat kita yang enggak begitu suka olahraga, coba luangkan waktu minimal 15 menit sehari entah pagi atau sore untuk melakukan senam. Kita cukup pilih 3 jenis lagu yang kita suka. Nah, masing-masing lagu itu berfungsi sebagai pengiring tahap-tahap senam kita: pemanasan, inti, dan pendinginan. Untuk pemanasan sama pendinginan lebih baik lagu yang slow atau yang bernada pelan, sedangkan untuk inti sering pake lagu yang lebih beat. Soal gerakan? Spontanitas aja yang penting enggak menyulitkan kita. Kita bakal membuktikan sendiri setelah olahraga jadi kerasa lebih enteng.
Makan Sayur dan Buah
Manfaat mengonsumsi buah dan sayur itu banyak. Kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur sangat bermanfaat bagi tubuh kita seperti vitamin, mineral, serat, dan lain sebagainya. Manfaat buah dan sayur bagi tubuh antara lain menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, konsumsilah banyak buah dan sayur agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kurangi makanan yang kurang bergizi lainnya seperti junk food ataupun mie instan. Ingat, dengan mengonsumsi buah dan sayur di usia muda, secara tidak langsung kita mengurangi penyakit berbahaya di usia tua nanti.

DLL. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesehatan jiwa

Kesehatan Jiwa/Kesehatan Mental terdiri dari beberapa jenis kondisi yang secara umum dikategorikan dalam 'kondisi sehat', 'gangguan kecemasan', 'stress', dan 'depresi'. Adapun pengertian Kesehatan Jiwa yang baik menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar

Macam macam alat kesehatan

1. Abocath (jarum infus) 2. Cairan infus 3. Spuit (suntikan) 4. Termometer 5. Tensi (tensimeter) 6. Stetoskop 7. Pinset (Jepitan) 8. Infus set / Transet ( selang infus) DLL. 

Alat kesehatan

alat kesehatan adalah instrumen, apparatus (peralatan), mesin, perkakas, dan/atau implant, reagen in vitro dan kalibrator, perangkat lunak, bahan atau material yang digunakan tunggal atau kombinasi, untuk mendiagnosis, mencegah, menyembuhkan,  dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh, menghalangi pembuahan, desinfeksi alat kesehatan, dan pengujian in vitro terhadap spesimen dari tubuh manusia, dan dapat mengandung obat yang tidak mencapai kerja utama pada tubuh manusia melalui proses farmakologi, imunologi atau metabolisme untuk dapat membantu fungsi/kinerja yang diinginkan.